Kemenkes Siagakan Ambulans 24 Jam di Jalur Mudik

JAYABAYA.AC.ID, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan fasilitas layanan kesehatan di sejumlah titik jalur mudik selama arus mudik dan arus balik lebaran 2017.

Fasilitas layanan kesehatan itu diantaranya, ambulans 24 jam, pos kesehatan, puskesmas, rumah sakit, kantor kesehatan pelabuhan, serta public safety center (PSC).

Ambulans yang disiagakan 24 jam terdiri dari ambulans roda dua dan roda empat, jelas Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo. "Nanti ada yang standby, ada juga yang keliling, antisipasi saat macet ada pemudik yang pingsan atau mengalami gangguan kesehatan dalam mobil."

Layanan ini, akan menjangkau pemudik yang menuju wilayah-wilayah di daerah Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera terutama daerah Lampung, kata Bambang.

Fasilitas layanan kesehatan ini juga akan tersedia di ruas jalur tol baru yang masih minim fasilitas permanen seperti tol Pemalang-Batang di Jawa Tengah yang merupakan lanjutan dari Tol Pejagan-Brebes.

Seluruh fasilitas kesehatan ini, akan mulai beroperasi pada H-7 lebaran hingga H 7 lebaran.

Jumlah fasilitas pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Kemenkes tahun ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Penambahan dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik serta meminimalisir jatuhnya korban jiwa pada saat aktivitas mudik berlangsung.

Bambang menambahkan, "Kalau dibandingkan tahun lalu jelas meningkat, sekitar 200-an, kalau tahun lalu cuma 3.583 fasilitas pelayanan kesehatan saja, sekarang malah 3.826."

Selain menyediakan ambulans di jalur darat, Kementerian kesehatan juga akan menyiagakan fasilitas kesehatan untuk pemudik yang menggunakan transportasi air.

Bambang menjelaskan, "Misal laut dan pelabuhan, kami sudah beroperasi H-14 hingga H+14 lebaran, rentangnya seminggu perbedaan." Demikian CNN Indonesia.

Posted in Bewara on Jun 19, 2017


Share to :